Pelatihan Penggunaan Generative AI Gemini untuk Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru SMK Negeri 5 Barru
Keywords:
Generative AI, Gemini, Bahan Ajar, Literasi DigitalAbstract
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah memberikan peluang besar dalam pendidikan, terutama untuk meningkatkan efisiensi dan kreativitas guru dalam pembuatan bahan ajar digital. Salah satu inovasi terkini adalah pemanfaatan Generative AI, yaitu teknologi yang mampu menghasilkan teks, gambar, maupun media pembelajaran secara otomatis berdasarkan perintah pengguna. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SMK Negeri 5 Barru dalam menggunakan Generative AI Gemini sebagai alat bantu inovatif dalam pengembangan bahan ajar digital. Melalui pelatihan ini, guru diharapkan dapat mengoptimalkan potensi Gemini untuk merancang materi ajar, lembar kerja siswa (LKS), serta perangkat pembelajaran yang kontekstual dan menarik bagi peserta didik. Kegiatan dilaksanakan dengan tiga tahapan utama, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi-tindak lanjut. Metode pelatihan menggunakan pendekatan hands-on workshop dan project-based learning yang memungkinkan peserta berlatih langsung membuat produk pembelajaran berbasis AI. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru dalam menggunakan Gemini untuk menghasilkan bahan ajar digital, RPP, dan LKS interaktif. Selain itu, pelatihan ini juga berdampak positif terhadap peningkatan motivasi, literasi digital, serta kesadaran etika penggunaan AI di lingkungan sekolah. Secara keseluruhan, kegiatan ini membuktikan bahwa penerapan Generative AI seperti Gemini dapat menjadi solusi efektif dalam pengembangan kompetensi profesional guru serta mendukung transformasi pembelajaran digital di era kecerdasan buatan
Abstract views: 28
,
PDF downloads: 23
Downloads
References
Adhitya, W. R., Adhitya, T. R., & Hidayat, D. (2025). Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Perancangan Pembelajaran dan Pembuatan Media Ajar Inovatif bagi Guru. 83–94.
Ahn, C. (2023). Exploring ChatGPT for Information of Cardiopulmonary Resuscitation. Resuscitation, 185, 109729. https://doi.org/10.1016/j.resuscitation.2023.109729
Bogina, V., Hartman, A., & Kuflik, T. (2022). Educating Software and AI Stakeholders About Algorithmic Fairness , Accountability , Transparency and Ethics. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 32, 808–833.
Herliani, A. A., & Wahyudin, D. (2024). Pemetaan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guru pada Dimensi Pedagogik. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 121–135.
Herlina, H., Sulistianingsih, S., Putri, A., Arifannisa, A., & Masrum, M. (2025). Strategi Penguatan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kesiapan dan Daya Saing Lulusan Sekolah Menengah dalam Ekosistem Kerja Digital. IMEJ: Indo-MathEdu Intellectuals JOurnal, 6(2), 2570–2585.
Imran, M., & Almusharraf, N. (2024). Google Gemini as a next generation AI educational tool : a review of emerging educational technology. Smart Learning Environments. https://doi.org/10.1186/s40561-024-00310-z
Kamal, N., & Pradana, D. (2025). Exploring Google Gemini as a Learning Assistant: Enhancing Teacher Creativity and Content Development. International Journal of AI in Education and Learning, 12(1), 14–26.
Kustandi, C., & Ibrahim, N. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Elektronik bagi Guru di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Karya Abadi, 5(3), 415–422.
Muhaqiqin, M., Zainudin, M., Sholehurrohman, R., Ilman, I. S., Wartarius, W., Praptiwi, R. A., & Ruswita, I. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Gemini AI dalam Pembuatan Aplikasi Mobile untuk Guru TIK Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 6(2), 235–244.
Nabila, N., Setyawati, S. T., & Putra, I. J. J. Y. (2025). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Artificial Intelligence (AI) pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 1 Ampel. Jurnal Kurikula : Jurnal Pendidikan Volume, 9(2), 84–94.
Rahman, S. (2024). Pemberdayaan Guru Melalui Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik) Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 13(2), 93–99.
Sukiman, S., Hendry, H., Zuhanda, M. K., Fenny, F., & Sjukun, S. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Gemini AI untuk Mendukung Pembelajaran pada SMA di Sumatera Utara. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 75–81.
Waita, B. C., Yiswi, T. A., Kristiahadi, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2025). Dampak Artificial Intelligence ( AI ) Terhadap Pendidikan di Indonesia. 6(7), 3112–3121.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andi Baso Kaswar, Dyah Darma Andayani, Kurnia Wahyu Prima, Nurjannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com