PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di Kabupaten Sidrap

Authors

  • Sudarmanto Jayanegara Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
  • Asri Ismail Universitas Negeri Makassar
  • Asis Nojeng Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Fajar B Universitas Negeri Makassar
  • Dary Mochamad Rifqie Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Akil Universitas Negeri Makassar
  • Fhatiah Adiba Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.87

Keywords:

Penelitian tindakan kelas, Sidrap, Pendidikan

Abstract

Kualitas suatu pendidikan dapat ditingkatkan melalui berbagai langkah salah satunya adalah lewat penelitian tindakan kelas (PTK). Lewat PTK ini mutu pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan dengan memperbaiki proses belajar di dalam maupun di luar kelas. PTK merupakan hal yang penting sehingga wajib dilaksanakan pada semua sekolah-sekolah di Indonesia, salah satunya sekolah yang ada di Kabupaten Sidrap. Metode Pelaksanaan Pengabdian yang dilakukan adalah ceramah dan diskusi. Peserta kegiatan merupakan guru-guru sekolah, baik guru sekolah dasar maupun sekolah menengah ke atas di Kabupaten Sidrap. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari pada bulan Januari 2023 dan dilaksanakan di Aula Kementerian Agama Kabupaten Sidrap.

Abstract views: 292 , PDF downloads: 232

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: Yrama Widya.

Czarl, A., & Belovecz, M. (2007). Role of Research and Development in the 21st Century. Revista Informatica Economica, 4(44), 25-28.

Dantes, N. (2006). Penelitian Tindakan Kelas: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan dalam Rangka Peningkatan Profesionalisme Guru. Bahan Pelatihan bagi guru-guru di kabupaten Karangasem tanggal, 5.

Isjoni. (2006). Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan. Yayasan Obor Indonesia.

Mariawan, I.M., Rapi, N.K., & Yasa, P. 2017. Pelatihan Dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SD Di Kebendesaan Mengesta. International Journal of Community Service Learning. Vol.1 (1) 43-47.

Nining Sar’iyyah dkk, 2021. Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sekolah Dasar di Kota Ende. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2), 2021, 34- 41

Putriaji Hendikawati, dkk 2017. Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Mi Roudlotul Huda Gunungpati Semarang. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. 2019. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman. Volume 9 Nomor 1, 49-60

Setianingsih, R., Manuharawati, Sutinah & Lukito, A. 2015. Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Abdi, Vol. 1, No. 1. Hal. 61 – 66

Wardani, I. G. A. K. (2014). Modul 1. Hakikat Penelitian Tindakan Kelas. Diperoleh tanggal. http://repository.ut.ac.id/4153/1/IDIK4008-M1.pdf

Weil, D. N. (2009). Economic Growth. Singapore:Pearson-Addison Wesley.

Yuliwati, F., Suprihatiningrum, J., & Rokhimawan, M. A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Pedagogia. PT Pustaka Insan Madani.

Downloads

Published

2023-06-03

How to Cite

Sudarmanto Jayanegara, Asri Ismail, Asis Nojeng, Muhammad Fajar B, Dary Mochamad Rifqie, Muhammad Akil, & Fhatiah Adiba. (2023). PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di Kabupaten Sidrap. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 82–86. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.87

Issue

Section

Articles