PKM Gerakan Literasi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Peran Guru Di Tingkat Sekolah Dasar Se-desa Goarie
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.92Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Guru, KarakterAbstract
Hal yang paling mendasar dalam praktik literasi adalah kegiatan membaca. Tujuan pelaksanaan PKM Gerakan Literasi Sekolah di tingkat sekolah dasar di Desa Goarie, yaitu menguatkan pendidikan karakter siswa dengan gerakan literasi sekolah melalui peran guru di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ada beberapa tahap, yakni, observasi, pelaksanaan ,serta evaluasi. Mitra PKM adalah Guru SD di Desa Goarie. Hasil kegiatan PKM adalah meningkatkan peran guru SD dalam gerakan literasi di tingkat sekolah dasar di Desa Goarie. Setelah diadakan PKM gerakan literasi sekolah ada perubahan yang signifikan dalam pengembangan literasi di sekolah oleh para guru dengan rutinnya dilakukan membaca 15 menit sebelum pembelajaran inti dimulai.
Abstract views: 355
,
PDF downloads: 369
Downloads
References
Anderson, S. S. (2023). “Places to stand”: Multiple metaphors for framing ChatGPT’s corpus. Computers and Composition, 68, 102778. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compcom.2023.102778
Arusliadi, A. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Taman Baca Di Sma Negeri 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(2), 148-154.
Akande, J., Hosu, S. Y., Kabiti, H., Ndhleve, S., & Garidzirai, R. (2022). Financial Literacy and Inclusion for Rural Agrarian Change and Sustainable Livelihood in Eastern Cape, South Africa. SSRN Electronic Journal, 9(6), e16330. https://doi.org/10.2139/ssrn.4298091
Ayre, J., Muscat, D. M., Mac, O., Bonner, C., Dunn, A. G., Dalmazzo, J., Mouwad, D., & McCaffery, K. (2023). Helping patient educators meet health literacy needs: End-user testing and iterative development of an innovative health literacy editing tool. PEC Innovation, 2(May), 100162. https://doi.org/10.1016/j.pecinn.2023.100162
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research(JSR), 1(1), 1012–1113. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/958/761
Gumilar, M. R. (2023). Jurnal Dirosah Islamiyah Implementasi Pembentukan Karakter pada Jurnal Dirosah Islamiyah. 5, 248–262. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i1.2529
Hanum, A E. (2021). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar melalui Program Membaca Menyenangkan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 9(5).
Henning, L. (2023). Remixing literacy: Young children producing literacy practices for research participation. Learning, Culture and Social Interaction, 38, 100682. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2022.100682
Indriyani, J. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Di Mi Khr Ilyas Maduretno Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen).
Isnarmi, I. Z. D. (2018). Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 18 Padang. Journal of Civic Education. 1 (4).
Isma, A., Rakib, M., Surianto, D. F., & Fakhri, M. M. (2023). Pelatihan Pembuatan Bakso Sayur Bernilai Gizi Tinggi Sebagai Alternatif Peluang Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 51-57.
Isma, A., Ryketeng, M., & Hasdiansa, I. W. (2022). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. MALAQBIQ, 1(2), 1-9.
Isma, A., Rakib, M., & Halim, N. (2022). Mengembangkan Karakter Entrepreneur Siswa Melalui Pelatihan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sidrap. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 93-104.
Kumar, P., Sahani, J., Rawat, N., Debele, S., Tiwari, A., Mendes Emygdio, A. P., Abhijith, K. V, Kukadia, V., Holmes, K., & Pfautsch, S. (2023). Using empirical science education in schools to improve climate change literacy. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 178, 113232. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.rser.2023.113232
Marliana, N. L., & Suhita, S. (2018). Pengembangan Program Gerakan Literasi Sekolah Bagi Para Siswa SDN Cinyosog 01 Cileungsi. Jurnal Tuturan, 6(1), 762-770.
Mindarto, M., Marta, N., & Abrar, A. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Mohammad Hatta pada Pembelajaran Sejarah Sebagai Penguatan Karakter Siswa SMA. Jurnal Paedagogy, 10(1), 187. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.5720
Nursanti, S. E. (2022, July). Upaya Peningkatan Minat Baca Siswa SMP N 4 Ngawen Melalui Gerakan Literasi Pra-KBM. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Vol. 2, No. 1, pp. 1033-1038).
Rahayu, Puji. Siti Maisaroh. 2017. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V di SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo 2016/2017. Prodi PGSD UPY.
Reddy, P., Chaudhary, K., & Hussein, S. (2022). A Digital Literacy Model to Narrow the Digital Literacy Skills Gap. SSRN Electronic Journal, 9(4), e14878. https://doi.org/10.2139/ssrn.4308566
Ridwan, W., Basri, H., & Suhartini, A. (2023). Penguatan Karakter Siswa pada Sekolah Berbasis Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 623–629. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1473
Sapri, S., Muhaini, A., & Zunidar, Z. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4107-4116.
Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. 3, 51–60.
Tuhuteru, L., Supit, D., Abdurahman, A., Syahru Assabana, M., Syekh Nurjati Cirebon, I., Perjuangan, J., Kesambi, K., Cirebon, K., Barat, J., Klabat, U., Arnold Mononutu, J., Bawah, A., Airmadidi, K., Minahasa Utara, K., Utara, S., Taman Siswa Bima, S., Pendidikan Taman Siswa,
J., Palibelo, K., Bima, K., … Sukabumi, K. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas dalam Pendidikan Karakter Siswa. Journal on Education, 5(3), 9768–9775. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1795
Ulfah, T. (2020, November). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 727-736).
Vidergor, H. E. (2023). Teaching futures thinking literacy and futures studies in schools. Futures, 146, 103083. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.futures.2022.103083
Wang, S., Wilson, A., Jesson, R., Liu, Y., & Meiklejohn-Whiu, S. (2023). Opportunities to learn literacy in digital classrooms in New Zealand primary schools: Does class achievement level make a difference? Teaching and Teacher Education, 130, 104171. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104171
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 1 (1).
Wardani, G. A., & Astuti, S. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9450-9456.
Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11-21.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.
Wulandari, T. Haryadi. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi di Sekolah Dasar melalui Program Membaca Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 9 (2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Juanda Juanda, Aslan Abidin, Salam, Sunaely, Reskiana, Asri Ismail, Asis Nojeng

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com