Inovasi Pengenalan Bangunan dengan AR di Kalangan Pemuda Kota Makassar

Indonesia

Authors

  • Ahnaf Riyandirga Ariyansyah Putra Helmy Universitas Negeri Makassar
  • Wahyudi Universitas Negeri Makassar
  • Dary Mochamad Rifqie Universitas Negeri Makassar
  • Sutarsi Suhaeb Universitas Negeri Makassar
  • Asis Nojeng Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Augmented Reality, Edukasi, Arsitektur, Pemuda, Kota Makassar, Teknologi, Pengenalan Bangunan

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai alat edukasi dalam mengenali dan memahami bangunan gedung di kalangan pemuda Kota Makassar. Dalam era digital yang terus berkembang, AR menawarkan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik, yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman peserta mengenai struktur arsitektur dan desain bangunan. Kegiatan ini melibatkan serangkaian workshop dan pelatihan yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dasar tentang AR, serta aplikasinya dalam bidang arsitektur. Para peserta, yang terdiri dari anggota kelompok pemuda setempat, akan diajarkan cara menggunakan perangkat AR untuk mengeksplorasi model 3D bangunan secara virtual. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta mengenai teknologi AR dan arsitektur bangunan. Selain itu, inisiatif ini diharapkan dapat mendorong minat lebih lanjut dalam bidang teknologi dan arsitektur di kalangan pemuda, serta memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan teknologi di Kota Makassar.

Abstract views: 34 , PDF downloads: 13

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. J. AR and Z. T. AR, “Wisata Religi Dan Pengembangan Pemuda (Studi Sosial-Ekonomi tentang Komunitas Wirausahawan di Pesarean Syaikhona Kholil Bangkalan),” Al-Tsiqoh J. Ekon. dan Dakwah Islam, vol. 5, no. 1, pp. 57–80, 2020.

M. P. Mukhid, “Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan.” Pustaka Egaliter. Com, 2023.

T. P. Rajagukguk and K. Sofianto, “Peran Generasi Milenial Dalam Pengembangan Desa Wisata di Danau Toba,” Ilmu Budaya, vol. 4, no. 3, pp. 529–552, 2020.

J. Apriyanto, “Tumbuhnya Nasionalisme Di Gorontalo Sebuah Pencitraan Historiografi,” J. Inov., vol. 5, no. 2, 2008.

A. R. Walidonna, “Desain Interior Coworking Space DiLo Surabaya untuk Meningkatkan Produktifitas dan Inovasi Pengguna,” Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2017.

R. Kurniawan, “Pengenalan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Konstruksi Bangunan Berbasis Android,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, pp. 392–400, 2023.

D. Badruzaman, “Meningkatkan Kualitas Lulusan Pondok Pesantren Melalui Islamic Agropreneur School Upaya Mengurangi Pengangguran di Indonesia,” Muslim Herit., vol. 4, no. 2, 2019.

A. Firdaus, “Strategi Komunikasi Pemerintah Gampong Tunong Krueng Kala Aceh Besar Dalam Meningkatkan Eksistensi Pariwisata.” UIN Ar-Raniry, 2022.

I. Lubis, H. Wulaningrum, and S. D. Andriana, “Augmented Reality Pengenalan Lingkungan Kampus II Universitas Harapan Medan Dengan Metode Markerless,” J. Krisnadana, vol. 2, no. 1, pp. 233–242, 2022.

I. Dhiyatmika, I. Putra, and N. Mandenni, “Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang untuk Siswa TK,” Lontar Komput., vol. 6, no. 2, pp. 589–596, 2015.

W. S. Sari, I. N. Dewi, and A. Setiawan, “Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Pancaindra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar,” Semant. 2012, pp. 24–29, 2012.

S. Alfarez, N. J. Prakoso, and W. S. D. Septianingsih, “Temon (Tample Monopoly): Pengenalan Candi Berbasis Games Augmented Reality Untuk Tuna Daksa,” SWADESI J. Pendidik. dan Ilmu Sej., vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2021.

S. Bintarto, S. T. M. Heru Supriyono, and S. T. Dedi Ary Prasetya, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Beberapa Bagian Candi Borobudur Berbasis Augmented Reality.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

E. F. Rosyada, I. R. I. Astutik, and C. Taurusta, “Eksplorisari monumen bersejarah melalui augmented reality di Kabupaten Lamongan,” J. Pendidik. Inform. dan Sains, vol. 12, no. 1, pp. 154–164, 2023.

M. R. Tanjung and D. Irfan, “Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan dan Perakitan Perangkat Personal Komputer Berbasis Augmented Reality,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 2724–2735, 2022.

I. Samar, “Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Pengenalan Objek Wisata Di Kota Ambon,” J. Inform. Polinema, vol. 9, no. 2, pp. 183–192, 2023.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Ahnaf Riyandirga Ariyansyah Putra Helmy, Wahyudi, Dary Mochamad Rifqie, Sutarsi Suhaeb, & Asis Nojeng. (2024). Inovasi Pengenalan Bangunan dengan AR di Kalangan Pemuda Kota Makassar: Indonesia. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 38–46. Retrieved from https://journal.diginus.id/VOKATEK/article/view/383

Issue

Section

Articles