Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Keaktifan Mahasiswa Menggunakan Metode Flipped Classroom Pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i1.40Keywords:
Flipped Classroom, Video Pembelajaran, Mahasiswa, Covid-19Abstract
Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi pendidik. Pendidik melakukan adaptasi dan inovasi dalam menyajikan pembelajaran bermakna. Salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat dipilih guru di masa new normal, yaitu flipped classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran terhadap keaktifan mahasiswa menggunakan metode flipped classroom pada masa pandemi. Populasi penelitian ini Mahasiswa Aktif di Indonesia dengan sampel digunakan terdiri dari 95 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar kuesioner yang disebar melalui platform google form. Metode penelitian digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode flipped classroom dengan video sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap keaktifan Mahasiswa di Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil uji melalui kuesioner (angket) tes yang telah diperoleh menunjukkan nilai yaitu 3,46 maka dapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar pada Mahasiswa di Indonesia pada saat sebelum menggunakan video pembelajaran.
Abstract views: 209
,
PDF downloads: 254
Downloads
References
Apriani, A.-N., Suwandi, I. K., Ariyani, Y. D., & Sari, I. P. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter pada Masa New Normal Covid-19 melalui Flipped Classroom. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 102–113. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.37909
Bahri, A., Sahribulan, S., & Hidayat, W. (2022). PELATIHAN PENGEMBANGAN WEBSITE SEKOLAH BAGI GURU DAN TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TAKALAR. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1426-1431.
Bariroh, V., & Setiawan, A. C. (2021). EVALUASI HASIL BELAJAR PENERAPAN FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, 1245–1256.
Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1
Gillette, C., Rudolph, M., Kimble, C., Rockich-Winston, N., Smith, L., & Broedel-Zaugg, K. (2018). A Meta-Analysis of Outcomes Comparing Flipped Classroom and Lecture. American Journal of Pharmaceutical Education.
Hafizah, S. (2020). PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656
Holm, L. B., Rognes, A., & Dahl, F. A. (2022). The FLIPPED STEP study: A randomized controlled trial of flipped vs. traditional classroom teaching in a university-level statistics and epidemiology course. International Journal of Educational Research Open, 3, 100197.
https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100197
Isma, A., Rakib, M., Marhawati, Surianto, D. F., & M Miftach Fakhri. (2023). Pelatihan Pembuatan Bakso Sayur Bernilai Gizi Tinggi Sebagai Alternatif Peluang Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga. TEKNOVOKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 51–57. Retrieved from. https://journal.unm.ac.id/index.php/TEKNOVOKASI/article/view/15
Janati, Y. (2019). PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
Karim, M., & Saptono, S. (2020). Penerapan Flipped Learning Pada Pembelajaran Daring Efek Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Man Salatiga Pada Materi Sel.
M. Miftach Fakhri, Awalia, R., Safi’i, J. A., B, M. A., Nurikhlas Nurpa Gunawan, & Della Fadhilatunisa. (2023). Hubungan Flipped Classroom dengan Kepuasan dan Kecemasan Belajar Online Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 53–62. Retrieved from https://journal.diginus.id/index.php/JUPITER/article/view/7
Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. EDUTCEHNOLOGIA, 2.
Muhammad Fajar B, Hastuti, Saputra, M. F., Syafdwi, W. I., Sari, P. N., & Fardan, M. (2023). Peran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Terapan, 1(1), 28–35. Retrieved from https://journal.diginus.id/index.php/JUPITER/article/view/12
Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. 3(2).
Utami, S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Ramadhani Bata Ojja, Nurul Asia, Fahrul Ulum Salam, Nur Azizah Ayu Safanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







Email: fakhri.miftach@gmail.com