PKM PKM Pelatihan Penggunaan Alat Ukur Theodolite Untuk Siswa SMK Majene

Authors

  • M. Reza Hasrul Universitas Negeri Makassar
  • Furqan Ali Yusuf Universitas Negeri Makassar
  • Dwi Wahyuni Aprianti Universitas Negeri Makassar
  • Ahnaf Riyandirga A Universitas Negeri Makassar
  • Moeh. Kay Muddin Asnur Universitas Negeri Makassar
  • Iriandy Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Theodolite, Keterampilan, Siswa SMK, Survei, Teknologi

Abstract

Penggunaan alat ukur yang tepat dalam bidang konstruksi dan teknik sipil merupakan keterampilan yang sangat penting. Salah satu alat yang sering digunakan adalah theodolite, yang digunakan untuk mengukur sudut horizontal dan vertikal dengan presisi tinggi. Alat ini menjadi sangat relevan dalam berbagai proyek konstruksi, survei tanah dan pemetaan. Namun, pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan theodolite masih terbatas di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya di daerah Majene Sulawesi Barat. Metode pelaksanaan kegiatan pelaksanaan pengabdian dengan langsung ke lokasi pengabdian dan menggunakan alat praktik lengkap.Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan siswa dapat memahami cara kerja theodolite, menguasai teknik penggunaannya, serta mampu menerapkan keterampilan ini dalam berbagai situasi praktis yang akan mereka hadapi di dunia kerja nanti. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa dan mempersiapkan mereka untuk bersaing di dunia industri yang semakin kompetitif. Pelatihan ini memberikan pengalaman praktis yang penting bagi siswa dalam bidang survei dan teknik sipil, yang akan bermanfaat dalam karier mereka di masa depan. Disarankan untuk memperluas cakupan pelatihan dengan memasukkan penggunaan alat ukur lainnya, seperti Total Station dan GPS, untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang teknologi survei modern.

Abstract views: 78 , PDF downloads: 70

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Siswa SMK dalam Penggunaan Alat Ukur Teknik Sipil melalui Pelatihan Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 105-117.

Santoso, B. (2018). Efektivitas Pelatihan Theodolite dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Teknik Sipil. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik, 4(1), 50-60.

Schofield, W., & Breach, M. (2007). Engineering Surveying (6th Edition). Butterworth-Heinemann. Buku ini menguraikan teknik-teknik survei modern dan penggunaan alat ukur seperti theodolite.

Uren, J., & Price, W.F. (2010). Surveying for Engineers (5th Edition). Palgrave Macmillan. Buku ini memberikan panduan tentang berbagai metode survei dan penggunaan alat ukur theodolite dalam teknik sipil.

Wijaya, D. (2020). Pendekatan Pelatihan Berbasis Praktik untuk Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(3), 223-235.

Wolf, P.R., & Ghilani, C.D. (2012). Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics (13th Edition). Pearson Education, Inc. Buku ini memberikan penjelasan komprehensif tentang penggunaan alat ukur dalam survei, termasuk theodolite.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

M. Reza Hasrul, Furqan Ali Yusuf, Dwi Wahyuni Aprianti, Ahnaf Riyandirga A, Moeh. Kay Muddin Asnur, & Iriandy. (2024). PKM PKM Pelatihan Penggunaan Alat Ukur Theodolite Untuk Siswa SMK Majene. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 62–66. Retrieved from https://journal.diginus.id/VOKATEK/article/view/404

Issue

Section

Articles