PKM Pembuatan Nugget Ikan Daun Kelor Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Kemala Bhayangkari

Authors

  • Hartini Ramli Universitas Negeri Makassar
  • Andi Sukainah Universitas Negeri Makassar
  • Reski Praja Putra Universitas Negeri Makassar
  • Dewi Puspitasari Universitas Negeri Makassar
  • Lahming Universitas Negeri Makassar
  • Andi Yasir Amsal Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i3.530

Keywords:

Project Based Learning, Daging Ikan, Daun Kelor, Nugget

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang juga tidak lepas dari digitalisasi. Keberadaan teknologi mengalami kemajuan yang luar biasa terutama jaringan informasi dan komunikasi. Project Based Learning berpotensi besar dalam meciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna , dan dapat meningkatkan kinerja ilmiah dalam pembelajaran. Sehingga peran guru sebagai fasilitator dan mediator dapat terpenuhi dengan baik yang digunakan sebagai wahana penguasaan kompetensi dan penguatan profil pelajar pancasila (P5). Kegiatan Program kemitraan Masyarakat (PKM) bertujuan untuk melakukan pelatihan sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan guru SMP Bhayangkari Makassar dalam pemahaman dan pembuatan nugget ikan dan daun kelor berbasis Project Based Learning (PJBL). Dengan adanya pelatihan ini diharapkan guru-guru SMP Kemala Bhayangkari mampu mengajak siswa terlibat dalam kegiatan praktis yang melibatkan pembuatan nugget dengan penambahan daun kelor sebagai bahan utama. Selain meningkatkan keterampilan kulinernya, diharapkan proyek ini juga akan memberikan pemahaman tentang manfaat daun kelor dalam makanan sehari-hari. Kegiatan ini diikuti oleh 32 peserta. Setelah mengikuti kegiatan ini para guru khususnya ibu-ibu telah mamahami dengan baik cara pengolahan nugget ikan dengan penambahan kelor. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah sebelum kegiatan, pengetahuan akan pengolahan nugget ikan, mitra belum pernah membuat nugget sendiri. Pada saat peserta telah mendapatkan pengetahuan pembuatan nugget ikan daun kelor, mitra mengkomsumsi dan ada juga dapat mengajarkan ke siswa.. Setelah kegiatan PKM guru di SMP Bhayangkari Makassar telah mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan nugget ikan dan cara pengolahannya meningkat.

Abstract views: 13 , PDF downloads: 14

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. 2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran

Project Based LearningDalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9 (2),

Hasanah, H. 2015 Pemanfaatan Daun Kelor (Moringa oleifera) sebagai bahan pencampuran nugget ikan tongkol (Euthynnus Affinis C). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Kemdikbud, R. 2022. Buku Saku “ Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.” Kemdikbud RI. https:/kurikulum kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/bukusaku.pdf.

Krisnadi, A.D. 2015. Kelor Super Nutrisi. Kelorina.com (10 Januari 2019).

Kurniasih, 2013. Khasiat dan Manfaat Daun Kelor. Pustaka Baru Press. Yogyakarta

Kurniasih. 2015. Khasiat dan Manfaat Daun Kelor untuk Penyembuhan berbagai Penyakit. Yogya : Pustaka Baru Press.

Mahmood, K.T., Tahira, M., & Ikram U., 2011. Moringa oleifera: a natural gift-A review. Journal of Pharmaceutical Sciences and Research 2 (11): 775-781.

Mubarak, K., Natsir, H., Wahab, A. W., & Satrimafitrah, P. (2017). Analysis of α-tokopherol (Vitamin E) extracted from moringa leaves (Moringa oleifera Lam) collected from seashore and highland areas and its Potencyal as Antioxidant. Kovalen, 3(1), 78–88

Rusnaini, R, dkk. 2020. Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional 27 (2), 230-249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Wahyubi, D. 2022. Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan Kepmendikbudristek No.56 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum.pdf, diakses 8 Agustus 2022

WHO. (2018). Road Traffic Injuries. Retrieved from http://www.who.int

www.dephub.go.id. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Downloads

Published

2024-10-21

How to Cite

Ramli, H., Andi Sukainah, Reski Praja Putra, Dewi Puspitasari, Lahming, & Andi Yasir Amsal. (2024). PKM Pembuatan Nugget Ikan Daun Kelor Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Kemala Bhayangkari. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 201–204. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i3.530

Issue

Section

Articles