Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Teknik Informatika dan Komputer
DOI:
https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i2.221Keywords:
Computational Thinking, Pemecahan Masalah, Teknik InformatikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pemahaman dan kemampuan Computational Thinking pada Mahasiswa JTIK dengan fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah. Dengan pendekatan kuantitatif cross-sectional, penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data untuk menganalisis kemampuan CT mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa JTIK memiliki kemampuan dasar CT yang baik, khususnya dalam identifikasi masalah, pemecahan masalah kompleks, dan pemahaman algoritma. Temuan ini memberikan landasan untuk pengembangan program pendidikan yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan CT dalam kurikulum pendidikan. Hal ini juga meningkatkan potensi lulusan JTIK dalam dunia kerja yang semakin terhubung dengan teknologi dan pemrosesan data. Meskipun memberikan wawasan positif, penelitian ini menyoroti pertanyaan-pertanyaan yang perlu lebih diperdalam, seperti dampak CT dalam menciptakan generasi yang siap secara digital, faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan CT, dan strategi untuk meningkatkan CT di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam memahami dan mengoptimalkan peran CT dalam pendidikan teknologi dan ilmu komputer.
Abstract views: 321
,
PDF downloads: 478
Downloads
References
B, Y., Fakhri, M. M., & Hidayat, W. (2021). Sistem Informasi Medical Record Pasien Pada Puskesmas Sudu Kec. Alla Kab. Enrekang Berbasis Website. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 2(2), 93. https://doi.org/10.26858/jessi.v2i2.33305
Castro, L. M. C., Magana, A. J., Douglas, K. A., & Boutin, M. (2021). Analyzing Students’ Computational Thinking Practices in a First-Year Engineering Course. IEEE Access, 9, 33041–33050,. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3061277.
Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93–106. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.35345
Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). the Effectiveness of the Blended Learning Model on the Students’ Critical Thinking Skills and Learning Motivation in Accounting Department. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1.
Fathahillah, F., Fakhri, M. M., & Ahmar, A. S. (2023). Analysis of Artificial Intelligence Literacy in the Blended Learning Model in Higher Education. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 566–575. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline2049
Hidayat, R., Juniati, D., & Khabibah, S. (2023). Studi Literatur: Computational Thinking Dalam Penyelesaian Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 12(1), 01–12. https://doi.org/10.25139/smj.v12i1.7557
Ketchen, D. J. (2013a). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Long Range Planning (Vol. 46, Issues 1–2, pp. 184–185). https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.002
Ketchen, D. J. (2013b). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In J. F. Hair (Ed.), Long Range Planning (Vol. 46, Issues 1–2, pp. 184–185). Sage. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.002
Lund, B. (2021). The questionnaire method in systems research: an overview of sample sizes, response rates and statistical approaches utilized in studies. VINE J. Inf. Knowl. Manag. Syst, 53(1), 1–10,. https://doi.org/10.1108/VJIKMS-08-2020-0156.
N. I. Bullu, A. M. M. (2021). Hubungan Kesiapan Mengajar Dan Proses Praktik Pengalaman Lapangan Dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. EDUKATIF J. ILMU Pendidik, 3(2), 412–420,. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.323.
Nur Amaliah Akhmad, R. R., Eka Fitriana Hamsyah, G. G., Syarif, H., & Samsi, A. N. (2023). EDUKASI COMPUTATIONAL THINKING DALAM PROSES PEMBELAJARAN. J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy, 2(8), 5867–5874,. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i8.4516.
Paristiowati, M. (2021). Integration Of Technology In Problem-Based Learning To Improve Students Computational Thinking: Implementation On Polymer Topics (Vol. 04, Issue 02).
Pre-Operative Anxiety in Patients at Tertiary Care Hospital Peshawar Pakistan. (2019). South Asian Res. J. Nurs. Healthc, 01(01), 26–30,. https://doi.org/10.36346/sarjnhc.2019.v01i01.004.
S. Maharani, T. M. (2019). Computational Thinking: Students On Proving Geometry Theorem. Int. J. Sci. Technol. Res, 8, 2216–2223,.
Tofel-Grehl, C., Searle, K., & Ball, D. (2022). Thinking Thru Making: Mapping Computational Thinking Practices onto Scientific Reasoning. Journal of Science Education and Technology, 31, 730–746. https://doi.org/10.1007/s10956-022-09989-6
Wahyuni, D., & Budi Antoro. (2025). Eksplorasi Pola Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Computational Thinking. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 9(1), 46–61. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v9i1.11129
Wing, J. M. (2008). Computational thinking and thinking about computing (P. R. Soc, Trans.). Math. Phys. Eng. Sci, 366(1881), 3717–3725,. https://doi.org/10.1098/rsta.2008.0118.
Yasin, M. (n.d.). COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR-DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER”.
Yuliana, I., Octavia, L. P., & Sudarmilah, E. (2020). Computational thinking digital media to improve digital literacy. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 821(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/821/1/012032
Yuntawati, Y., Sanapiah, S., & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidik. Mat, 9(1), 34. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3898.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Israwati Hamsar, Nur Fadhylah As, Rosidah, Muhammad Dwi Andika, Muhammad Arafah Alif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








Email : fakhri@diginus.id