Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Teknik Informatika dan Komputer

Authors

  • Israwati Hamsar Universitas Negeri Makassar
  • Nur Fadhylah As Universitas Negeri Makassar
  • Rosidah Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Dwi Andika Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Arafah Alif Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i2.221

Keywords:

Computational Thinking, Pemecahan Masalah, Teknik Informatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pemahaman dan kemampuan Computational Thinking pada Mahasiswa JTIK dengan fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah. Dengan pendekatan kuantitatif cross-sectional, penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data untuk menganalisis kemampuan CT mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa JTIK memiliki kemampuan dasar CT yang baik, khususnya dalam identifikasi masalah, pemecahan masalah kompleks, dan pemahaman algoritma. Temuan ini memberikan landasan untuk pengembangan program pendidikan yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan CT dalam kurikulum pendidikan. Hal ini juga meningkatkan potensi lulusan JTIK dalam dunia kerja yang semakin terhubung dengan teknologi dan pemrosesan data. Meskipun memberikan wawasan positif, penelitian ini menyoroti pertanyaan-pertanyaan yang perlu lebih diperdalam, seperti dampak CT dalam menciptakan generasi yang siap secara digital, faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan CT, dan strategi untuk meningkatkan CT di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam memahami dan mengoptimalkan peran CT dalam pendidikan teknologi dan ilmu komputer.

Abstract views: 321 , PDF downloads: 478

Downloads

Download data is not yet available.

References

B, Y., Fakhri, M. M., & Hidayat, W. (2021). Sistem Informasi Medical Record Pasien Pada Puskesmas Sudu Kec. Alla Kab. Enrekang Berbasis Website. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 2(2), 93. https://doi.org/10.26858/jessi.v2i2.33305

Castro, L. M. C., Magana, A. J., Douglas, K. A., & Boutin, M. (2021). Analyzing Students’ Computational Thinking Practices in a First-Year Engineering Course. IEEE Access, 9, 33041–33050,. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3061277.

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93–106. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.35345

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). the Effectiveness of the Blended Learning Model on the Students’ Critical Thinking Skills and Learning Motivation in Accounting Department. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i1.

Fathahillah, F., Fakhri, M. M., & Ahmar, A. S. (2023). Analysis of Artificial Intelligence Literacy in the Blended Learning Model in Higher Education. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 566–575. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline2049

Hidayat, R., Juniati, D., & Khabibah, S. (2023). Studi Literatur: Computational Thinking Dalam Penyelesaian Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 12(1), 01–12. https://doi.org/10.25139/smj.v12i1.7557

Ketchen, D. J. (2013a). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Long Range Planning (Vol. 46, Issues 1–2, pp. 184–185). https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.002

Ketchen, D. J. (2013b). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In J. F. Hair (Ed.), Long Range Planning (Vol. 46, Issues 1–2, pp. 184–185). Sage. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.002

Lund, B. (2021). The questionnaire method in systems research: an overview of sample sizes, response rates and statistical approaches utilized in studies. VINE J. Inf. Knowl. Manag. Syst, 53(1), 1–10,. https://doi.org/10.1108/VJIKMS-08-2020-0156.

N. I. Bullu, A. M. M. (2021). Hubungan Kesiapan Mengajar Dan Proses Praktik Pengalaman Lapangan Dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. EDUKATIF J. ILMU Pendidik, 3(2), 412–420,. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.323.

Nur Amaliah Akhmad, R. R., Eka Fitriana Hamsyah, G. G., Syarif, H., & Samsi, A. N. (2023). EDUKASI COMPUTATIONAL THINKING DALAM PROSES PEMBELAJARAN. J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy, 2(8), 5867–5874,. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i8.4516.

Paristiowati, M. (2021). Integration Of Technology In Problem-Based Learning To Improve Students Computational Thinking: Implementation On Polymer Topics (Vol. 04, Issue 02).

Pre-Operative Anxiety in Patients at Tertiary Care Hospital Peshawar Pakistan. (2019). South Asian Res. J. Nurs. Healthc, 01(01), 26–30,. https://doi.org/10.36346/sarjnhc.2019.v01i01.004.

S. Maharani, T. M. (2019). Computational Thinking: Students On Proving Geometry Theorem. Int. J. Sci. Technol. Res, 8, 2216–2223,.

Tofel-Grehl, C., Searle, K., & Ball, D. (2022). Thinking Thru Making: Mapping Computational Thinking Practices onto Scientific Reasoning. Journal of Science Education and Technology, 31, 730–746. https://doi.org/10.1007/s10956-022-09989-6

Wahyuni, D., & Budi Antoro. (2025). Eksplorasi Pola Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Computational Thinking. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 9(1), 46–61. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v9i1.11129

Wing, J. M. (2008). Computational thinking and thinking about computing (P. R. Soc, Trans.). Math. Phys. Eng. Sci, 366(1881), 3717–3725,. https://doi.org/10.1098/rsta.2008.0118.

Yasin, M. (n.d.). COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR-DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER”.

Yuliana, I., Octavia, L. P., & Sudarmilah, E. (2020). Computational thinking digital media to improve digital literacy. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 821(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/821/1/012032

Yuntawati, Y., Sanapiah, S., & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidik. Mat, 9(1), 34. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3898.

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Israwati Hamsar, Nur Fadhylah As, Rosidah, Muhammad Dwi Andika, & Muhammad Arafah Alif. (2024). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Teknik Informatika dan Komputer. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(2), 90–103. https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i2.221

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)