Pengenalan Aplikasi Stracthjr Untuk Siswa di SMA 1 Sinjai

Authors

  • Nur Fakhrunnisaa Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Marwan Ramdhany Edy Universitas Negeri Makassar
  • Hikmah Isnaini Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nurul In Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.182

Keywords:

scratchjr, pemrograman, aplikasi, pendidik, kurikulum

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi inovatif yang disebut StracthJR kepada siswa di SMA 1 Sinjai. Aplikasi ini dirancang khusus untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam pemrograman dan pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan yang lebih interaktif dan menarik. Studi ini melibatkan siswa-siswa dari SMA 1 Sinjai sebagai partisipan utama dalam pengenalan aplikasi StracthJR. Mereka akan diberikan akses dan pelatihan awal dalam menggunakan aplikasi ini, yang dilengkapi dengan berbagai modul pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum sekolah. Hasil pelatihan ini akan mencakup tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi StracthJR, efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman pemrograman, dan dampaknya pada minat siswa dalam bidang teknologi dan komputer. Selain itu, pelatihan ini juga dapat memberikan panduan bagi pendidik dan pengembang aplikasi serupa untuk mengoptimalkan pengalaman pembelajaran siswa di masa depan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan aplikasi ScracthJR mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam meningkatkan kemampuan pemrograman.

Abstract views: 75 , PDF downloads: 77

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bers, M. U. (2012). Designing digital experiences for positive youth development: From playpen to playground. OUP USA.

Bers, M. U., & Horn, M. S. (2010). Tangible programming in early childhood. High-Tech Tots: Childhood in a Digital World, 49, 49–70.

Clements, D. H. (1999). The future of educational computing research: The case of computer programming. Information Technology in Childhood Education Annual, 1999(1), 147–179.

Flannery, L. P., Silverman, B., Kazakoff, E. R., Bers, M. U., Bontá, P., & Resnick, M. (2013). Designing ScratchJr: Support for early childhood learning through computer programming. In Proceedings of the 12th international conference on interaction design and children (pp. 1–10).

Leidl, K. D., Bers, M. U., & Mihm, C. (2017). Programming with ScratchJr: a review of the first year of user analytics. In Conference Proceedings of International Conference on Computational Thinking Education (pp. 116–121).

Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2016). Developing fundamental programming concepts and computational thinking with ScratchJr in preschool education: a case study. International Journal of Mobile Learning and Organisation, 10(3), 187–202.

Resnick, M., Maloney, J., Monroy-Hernández, A., Rusk, N., Eastmond, E., Brennan, K., … Silverman, B. (2009). Scratch: programming for all. Communications of the ACM, 52(11), 60–67.

Wang, H.-Y., Huang, I., & Hwang, G.-J. (2016). Comparison of the effects of project-based computer programming activities between mathematics-gifted students and average students. Journal of Computers in Education, 3, 33–45.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Nur Fakhrunnisaa, Edy, M. R., Hikmah Isnaini, & Nurul In. (2023). Pengenalan Aplikasi Stracthjr Untuk Siswa di SMA 1 Sinjai. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 156–170. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.182

Issue

Section

Articles