Pelatihan Integrasi Canva dan Mentimeter Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru SMP Negeri 40 Makassar

Authors

  • Abdul Wahid Universitas Negeri Makassar
  • Fatimah Hidayahni Amini Universitas Negeri Makassar
  • Andi Anto Patak Universitas Negeri Makassar
  • Seny Luhriyani Universitas Negeri Makassar
  • Geminastiti Sakkir Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.188

Keywords:

Media ajar, Interaktif, Canva, Mentimeter, Generasi Z

Abstract

Model Pebelajaran dalam dunia Pendidikan saat ini telah banyak mengalami pergeseran seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin massif. Ada gap yang dialami oleh guru SMP Negeri 40 Makassar ini dimana mereka masih belum banyak memiliki pengetahuan mengenai media yang bisa digunakan sebagai penunjang model pembelajaran interaktif. Inilah yang melatar belakangi tim pengabdian masyarakat UNM untuk memberikan pelatihan dan workshop “PKM Pelatihan Penggunaan Canva dan Mentimeter sebagai media pembelajaran interaktif bagi Guru SMP Negeri 40 Makassar”. Kegiatan ini diselenggarakan di SMP Negeri 40 Makassar dengan metode Workshop dan praktik langsung. Peserta pelatihan ini adalah semua Guru SMP Negeri 40 Makassar. Kegiatan berlangsung selama 3 hari dengan durasi 8 (delapan) jam/hari. Kegiatan ini diharapkan menambah keterampilan dan pemahaman peserta terkait penggunaan media ajar Canva dan Mentimeter. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa seluruh peserta dapat menerima materi yang disampaikan dengan baik yang ditunjukkan bahwa sekitar 85% peserta sudah memiliki media ajar interaktif yang menggunakan canva dan mentimeter.

Abstract views: 311 , PDF downloads: 238

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrasari, L. A. (2017). Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Melalui Pengembangkan Media Pembelajaran Online Berbasis Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 288–292.

Hasyyati, H., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Mentimeter untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(4), 2550–2562. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1246

Lie, A., Tamah, S. M., & Gozali, I. (2023). Appropriating TPACK in Preparation for Hybrid Learning: Innovations in Teaching Practices. 47(3).

Luhriyani, S., Wahid, A., & Hajar, A. (2020). Model Pembelajaran Flipped Learning bagi Guru-guru SMA Negeri 8 Gowa. Prosiding SEMNAS Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat “Peluang dan tantangan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif di era kebiasaan baru,” 658–662.

Nurdin, A. E. (2021). Design of Batik Learning Media Based on Canva Application. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik Membangun Industri Kerajinan dan Batik yang Tangguh di Masa Pandemi. Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik (SNIKB), Yogyakarta.

Saman, A., Umar, N. F., Bakhtiar, M. I., & Harum, A. (2022). PKM Perangkat Media Gamifikasi Untuk Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).

Setyowati, Lestari, Zubaidi, N., Karmina, S., Anugerahwati, M., Dolopo, F., Pengembangan, W., Ajar, M., Guru, B., Smp, D., & Singosari, I. (2023). Workshop on Instructional Media Development for Teachers in Islamic Junior High School (SMP Islam) Al- Ma’arif 02 Singosari.

Wahid, A., & Luhriyani, S. (2015). Pelatihan dan Penerapan E-Learning Dan M-Learning Berbasis Moodle bagi Guru Siswa SMK Persada dan Bajiminasa Makassar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP), 1(2), 102–107.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Wahid, A., Fatimah Hidayahni Amini, Andi Anto Patak, Seny Luhriyani, & Geminastiti Sakkir. (2023). Pelatihan Integrasi Canva dan Mentimeter Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru SMP Negeri 40 Makassar. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 190–197. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.188

Issue

Section

Articles