Optimizing Teaching Tools: Pelatihan Jobsheet untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMK Produktif Provinsi Sulawesi Barat

Authors

  • Muhammad Yahya Universitas Negeri Makassar
  • Wahyudi Universitas Negeri Makassar
  • Akmal Hidayat Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.194

Keywords:

pendidikan kejuruan, pelatihan jobsheet, perangkat pembelajaran

Abstract

Pendidikan kejuruan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif memiliki peran penting dalam persiapan siswa untuk memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran di SMK Produktif Provinsi Sulawesi Barat melalui pelatihan penyusunan jobsheet sebagai alat pengajaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak guru SMK Produktif di Provinsi Sulawesi Barat menghadapi tantangan dalam menyusun jobsheet yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan industri. Pelatihan yang diadakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang penyusunan jobsheet yang efektif, mengintegrasikan kebutuhan industri, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Melalui pelatihan ini, guru-guru SMK Produktif berhasil meningkatkan keterampilan mereka dalam menyusun jobsheet yang mendukung kurikulum dan relevan dengan tuntutan dunia kerja. Selain itu, partisipasi siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Abstract views: 126 , PDF downloads: 127

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aglazor, G. (2017). The role of teaching practice in teacher education programmes: designing framework for best practice. Global Journal of Educational Research, 16(2), 101. https://doi.org/10.4314/gjedr.v16i2.4

Engkizar, Muliati, I., Rahman, R., & Alfurqan. (2017). The Importance of Integrating ICT Into Islamic Study Teaching and Learning Process,. Khalifa: Journal of Islamic Education, 1(2), 148–168.

Gusfitri, W., Abdurrahman, A., Andrian, D., Nofriyandi, N., & Rezeki, S. (2022). Development of Mathematics Learning Tools Based on Ethnomathematics on Rectangular and Triangles in Junior High School. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(3), 609. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5310

Korpershoek, H., Kuyper, H., & van der Werf, G. (2015). the Relation Between Students’ Math and Reading Ability and Their Mathematics, Physics, and Chemistry Examination Grades in Secondary Education. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(5), 1013–1037. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9534-0

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). PT Raja Grafindo Persada.

Maclinton, D., & Andrian, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prisma Berbasis Macromedia Flash Dengan Desain Pembelajaran Assure. Inovasi Matematika (Inomatika), 4(1), 83–97. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.323

Moore-Adams, B. L., Jones, W. M., & Cohen, J. (2016). Learning to teach online: a systematic review of the literature on K-12 teacher preparation for teaching online. Distance Education, 37(3), 333–348. Rezeki et.al | Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2023, 4(1): 16–21 21

Mulyana, Y., Chaeroni, N., Erlangga, H., Solahudin, M., Nurjaya, Sunarsi, D., Anggreini, N., Jamalus, Masriah, Yuangga, K., & Purwanto, A. (2021). The Influence of Motivation, Ability, Organizational Culture, Work Environment on Teachers Performance. Turkish Journal of Computer and Mathematics …, 12(4), 99–108. https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/2549

Renninger, K. A., & Hidi, S. E. (2019). 2019). Interest development and learning. In The Cambridge handbook of motivation and learning (pp. 265–290).

Cambridge University Press. Rezeki, S., Andrian, D., & Safitri, Y. (2021). Mathematics and cultures: A new concept in maintaining cultures through the development of learning devices. International Journal of Instruction, 14(3), 375–392. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14322a

Risnawati, Andrian, D., Azmi, M. P., Amir, Z., & Nurdin, E. (2019). Development of a definition maps-based plane geometry module to improve the student teachers’ mathematical reasoning ability. International Journal of Instruction, 12(3), 541–560. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12333a

Rodríguez, M., Díaz, I., Gonzalez, E. J., & González-Miquel, M. (2019). Motivational active learning: An integrated approach to teaching and learning process control. Education for Chemical Engineers, 24(1), 7–12.

Scheeler, M. C., Budin, S., & Markelz., A. (2016). The Role of Teacher Preparation in Promoting Evidence-Based Practice in Schools,. Learning Disabilities: A Contemporary Journal, 14(2), 171–187.

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Yahya, M., Wahyudi, & Akmal Hidayat. (2023). Optimizing Teaching Tools: Pelatihan Jobsheet untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMK Produktif Provinsi Sulawesi Barat. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 227–234. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.194

Issue

Section

Articles